Rabu, 14 Agustus 2013

Cuci Darah

A.  Proses Pencucian Darah
Kalau kita cerita tentang "cuci darah", maka kita tidak terlepas dari cerita tentang sepasang alat dalam tubuh kita, yang disebut sebagai ginjal atau buah pinggang. Sama seperti alat tubuh yang lainnya, seperti jantung, paru-paru, otak, hati, tulang, pankreas dan lain sebagainya, peran ginjal dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, sangatlah penting sekali. Semua alat-alat atau organ tubuh kita, mempunyai fungsi dan kegunaan sendiri- sendiri, yang tidak dapat digantikan oleh organ yang lainnya dari tubuh kita, kalau organ tadi rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Kalau organ atau alat-alat tubuh ini kurang berfungsi atau rusak sama sekali tentu saja kesehatan kita terganggu, kita jatuh sakit atau bahkan akan meninggal dunia.
Ginjal yang jumlahnya dua buah, artinya sepasang, terletak di bagian rongga perut bagian belakang, tepatnya didaerah pinggang kita, di bawah tulang rusuk. Ginjal yang besarnya tidak sampai sekepalan tangan manusia mempunyai berat masing-masing sekitar 150 gram, atau hanya 0,25 persen berat tubuh total. Walaupun ukurannya relatip kecil, tetapi fungsi ginjal ternyata cukup banyak dan sangat kompleks. Kegunaan ginjal ini yang paling utama adalah untuk mengatur jumlah dan komposisi cairan tubuh kita. Ginjal akan mengeluarkan cairan yang berlehih dan sebaliknya akan menahan cairan tersebut kalau tubuh kekurangan cairan.
Ketika Terjadi gagal ginjal dengan fungsinya yang sedemikian banyak dan pentingnya, tentu saja kita harus memperhatikan dan menjaga ginjal ini dengan baik. Bayangkan saja kalau fungsi ginjal ini terganggu, tentu saja cairan tubuh tidak dapat lagi dikeluarkan secara akurat, racun-racun yang berbahaya tidak dapat dipisahkan dan dibuang, dan juga timbul gangguan hormonal yang berkaitan dengan pembentukan sel-sel darah merah. Tubuh bisa kelihatan menjadi bertambah gemuk karena tertahannya cairan ini dan terjadi gangguan kesehatan yang nyata karena beredarnya zat-zat beracun dalam tubuh. Apalagi bisa pula disertai dengan kurangnya butir- butir darah merah yang menimbulkan banyak akibat bagi kesehatan serta dapat menyebabkan gagal ginjal.
Penyebab lain gagal ginjal adalah penyakit genetik seperti kelainan kekebalan atau cacat lahir, juga penyalahgunaan (pemakaian) obat tanpa resep dokter.
dr. Syamsul Bihar mengatakan bahwa penimbunan bahan-bahan beracun dan bahan-bahan lainnya yang tidak berguna akibat metabolisme atau pembakaran zat makanan dalam tubuh, akibat ginjal yang menurun vitalitasnya, pada akhirnya menyebabkan suatu gangguan bagi kesehatan yang disebabkan oleh gagal ginjal.
Menurut dr. Herman Yuliantama gagal ginjal adalah penurunan semua fungsi ginjal secara bertahap, diikuti penimbunan sisa metabolisme protein dan gangguan keseimbangan cairan serta elektrolit.
Seorang tenaga medis mengatakan bahwa cuci darah dapat dilakukan dengan cara memasang selang dari arteri dan vena pasien. Selang-selang tersebut kemudian disambungkan ke mesin yang berfungsi untuk menyaring darah. Darah dari arteri akan keluar dari tubuh, masuk ke mesin, kemudian darah yang sudah bersih masuk ke tubuh lewat vena.


Untuk lebih jelasnya, proses pencucian darah ini yang biasa disebut sebagai proses hemodialisa, sebenarnya suatu proses yang sederhana, tetapi cukup mengerikan. Darah dari tubuh penderita diisap keluar melalui suatu saluran, lalu dimasukkan ke dalam mesin pencuci darah. Di dalam mesin ini, cairan darah dibersihkan dan dicuci dari bahan-bahan beracun yang tidak dikehendaki, dengan suatu proses dialisa.
Setelah bersih maka darah melalui saluran yang lain akan dikembalikan ke dalam tubuh penderita. Jika pada tahap pertama seorang penderita yang harus dicuci darahnya, akan mengalami ketakutan, nantinya ketakutan itu akan hilang dengan sendirinya. Dia sudah terbiasa karena melakukannya berulang - ulang, karena ini satu - satunya cara membersihkan darahnya dari racun-racun yang tidak dikehendaki oleh tubuh.

B.   Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Penderita Sebelum Cuci Darah
Sekali cuci darah, biasanya menghabiskan dana 660 ribu rupiah. Bisa dibayangkan berapa banyak uang yang dihabiskan untuk melakukan cuci darah dalam seminggu, atau selulan, bahkan setahun.
Sebelum melakukan cuci darah, pasien penderita harus mempersiapkan beberapa hal, diantaranya :
J  Penderita mempersiapkan dana (uang) untuk melakukan cuci darah,
J  Penderita  dilakukan pemeriksaan fisik, darah, rontgen jantung dan paru-paru,
J  Bagi penderita yang memiliki Hb rendah, disarankan untuk memperiapkan kantong darah untuk di transfusi ke pasien tersebut,
J  Menjaga kesehatan pikiran dan tubuh.

C.   Periode Cuci Darah
Penderita gagal ginjal melakukan cuci darah. Pencucian darah tersebut dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. Memang tidaklah menyenangkan kalau darah kita harus dicuci sampai 2-3 kali seminggu. Hal tersebut juga harus rutin dilakukan untuk agar penderita tidak mengalami gagal ginjal yang lebih parah.
Proses dianalisa atau "cuci darah" itu sendiri, setiap kalinya berlangsung selama 3-5 jam.

Memang waktu tersebut cenderung cukup lama. Namun, memang begitulah waktu cuci darah tersebut dilakukan untuk membersihkan racun-racun yang ada di dalam darah penderita.
A.  Solusi Lain Cara Mengatasi Penderita Gagal Ginjal
Penderita gagal ginjal bisa ditolong dengan melakukan cuci darah. Dan bila ingin lepas dari ketergantungan pada cuci darah, penderita dapat melakukan cangkok (transplantasi) ginjal.
Transplantasi ginjal merupakan serangkaian tindakan yang diawali dengan mempersiapkan calon resipien (penerima) dan calon donor, diikuti tindakan bedah untuk memindahkan ginjal donor ke tubuh resipien. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian obat anti penolakan terhadap ginjal cangkok.
Dibanding cuci darah, memang transplantasi ginjal merupakan cara ideal untuk mengatasi gagal ginjal. Transplantasi merupakan pilihan yang menguntungkan dari sisi ekonomi dan kesehatan pasien, karena biayanya lebih murah ketimbang cuci darah yang harus dilakukan seumur hidup.
Selain itu, ginjal yang dicangkokan dapat mengambil alih seluruh (100%) fungsi ginjal. Bandingkan dengan cuci darah yang hanya mengambil 70-80 % fungsi ginjal alamiah. Memang ada ancaman komplikasi setelah transplantasi dilakukan. Tapi sekarang, hal itu bisa diatasi dengan obat-obatan imunosupresif untuk mencegah reaksi penolakan. Bila proses ini berhasil, penerita bisa beraktivitas kembali secara normal.
Untuk mengurangi efek gagal ginjal pada penderita, dapat dilakukan juga secara alami yaitu  penderita  dapat mengkonsumsi jus manggis. Karena manggis memiliki antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat melawan racun-racun yang ada di dalam tubuh penderita.

Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan tubuh kita agar kita tidak terserang penyakit. Untuk menjaga kesehatan ginjal kita dapat mengkonsumsi air putih secara cukup setiap hari. Hal tersebut agar kita terhindar dari penyakit gagal ginjal. Karena penyakit tersebut selain merugikan secara fisik, juga dapat merugikan secara material, yaitu kita harus melakukan cuci darah secara rutin yang dapat menghabiskan biaya yang cukup besar ataupun melakukan transplantasi ginjal yang juga membutuhkan biaya yang cukup besar. Jadi, mulai dari sekarang, kita harus benar-benar menjaga dan memperhatikan  kesehatan kita masing-masing.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Kalau saudara punya penyakit gagal ginjal dan sudah brobat ke be berapa rumah sakit tapi tidak ada perubahan dan tak kunjung membaik, saya sarankan Coba lah konsultasi dan brobat dengan pengobatan trpadu ah 9779...
    Saya berani merekomendasikan ini karna saya Jura brobat ke sini... Sudah konsultasi langsung dan bahkan yang konsultasi itu adik saya langsung yang juga seorang dokter.
    Waktu itu saya di Minta datang langsung. Tapi saya tidak bisa karna faktor biaya prjalanan Juga cukup jauh.
    Akhirnya saya hanya minta pesan obat yg paling bagus Saja agar saya bisa lekas sembuh. Karna konon dari info yang di berikan teman saya di Jakarta bahwa ada teman Satu penempatan nya di Koramil sudah sembuh dari gagal ginjal yang dahulu nya harus rutin cuci darah 4x sebulan Sekarang sudah Lepas cuci darah dan sudah sembuh.
    Jadi cobalah berobat dengan beliau...karna pengobatan nya bagus dan tidak melanggar aturan RAMAH SAKIT. Saya sudah transfer dan ALHAMDULILLAH obat nya sudah di Kirim.
    Saya jamin demi allah beliau orang nya amanah Kalau ragu bisa datang langsung ketemu langsung.
    Ini no Hp nya dan wa beliau.
    0822-9423-8289.
    Dengan bapak yusuf ikhwan ah 9779.

    BalasHapus